Pendidikan Anti Korupsi bersama BEM FE UNSOED dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 2009

Author: BEM Fakultas Ekonomi UNSOED /

Breakthrough!

(22/7) Pertama kalinya aliansi BEM Universitas Jenderal Soedirman, sebuah inovasi dari BEM Fakultas Ekonomi UNSOED tahun ini menyelenggarakan Training on Trainer, sebuah program regenerasi untuk mahasiswa bersama anggota Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang didatangkan langsung dari Jakarta. PERISAI, sebuah program misi pendidikan anti korupsi KPK ini, telah terpilih 30 peserta dari sekian banyak pelamar training dari berbagai fakultas di Universitas Jenderal Soedirman, dan diantaranya dihadiri oleh Presiden BEM FE, Helmy Shoim Pramudiyanto serta Presidium Aliansi BEM UNSOED.
Dalam training ini, mahasiwa diajak untuk kenal lebih dekat lembaga independent yang kita sebut KPK. Basic knowledge apa itu korupsi, apa dampaknya, jenis-jenis korupsi apa saja beserta punishment sebagai kongkritnya penegakan hukum Indonesia atas tindak pidana korupsi, hingga praktek simulasi investigasi membongkar kasus (penggeledahan), dan tidak kalah seru aksi sosialisasi para peserta sebagai trainer anti korupsi kepada para siswa SMA di Purwokerto. Sebagai agent, mahasiwa yang telah terjaring ini akan secara otomatis menjadi pioneer pembentukan agent anti korupsi di daerah, melalui pendeklarasian JAMAK (Jaringan Mahasiswa Anti Korupsi) se-Purwokerto dan berbagai kegiatan kongkrit yang menunggu gerakan mahasiwa ke depannya sebagai follow-up setelah pendidikan ini.
Kegiatan ini disambung dengan seminar gratis dalam pekan Gebyar Banyumas Anti Korupsi “Menuju Banyumas Bebas Korupsi”, seminar yang dihadiri oleh Wakil Bupati Banyumas ini dan kalangan mahasiwa tentunya memberikan banyak informasi dan pengetahuan lebih banyak tentang KPK. Menurut Transparancy Internasional, Indonesia hanya mendapat nilai 2,6 dari skala 1 s.d 10, sedangkan Singapura dengan clean governance nya mendapat poin 9,4. Korupsi di Indonesia yang sudah mengakar merupakan tanggung jawab kita semua. Oleh karena itu, pertukaran pengetahuan antar anggota KPK dengan lembaga anti korupsi luar negeri menyimpulkan bahwa untuk mengubah suatu negara menjadi negara bebas korupsi memang tidak mudah, namun langkah penting selain pemberantasan korupsi adalah pendidikan anti korupsi kepada generasi muda, dan inilah yang sedang dilakukan oleh KPK saat ini setelah berbagi pengalaman ke berbagai universitas di Indonesia, Unsoed ikut berpartisipasi dan selangkah lebih maju!
Hidup Mahasiswa!

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan tinggalkan tanggapan anda..
Saran & Kritik kami terima dengan tangan terbuka. Terima Kasih..