OKfe,,Okfe,,2009

Author: BEM Fakultas Ekonomi UNSOED /

Muharam Nurdiyan dan OKFE 2009, what’s up?

Orientasi Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi tahun 2009 ini jelas jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. OKFE tahun ini diadakan pada tanggal yang bertepatan dengan bulan Ramadhan memang cukup mengundang sejumlah pertanyaan. Apa iya OKFE yang akan tetap diselenggarakan pada bulan puasa? Demi menjawab pertanyyan tersebut, kami Departemen Riset& Komunikasi bergegas untuk mencari tahu seluk beluk OKFE 2009langsung dari ketuanya, Muharam Nurdiyan.

Kenapa sih OKFE tetap diadakan pada bulan puasa?
Karena OKFE memiliki 4 fungsi utama yang sarat manfaat dan sedikit banyak nantinya akan mempengaruhi mahasiswa baru (maba), yaitu:
1. Fungsi Orientasi
Untuk menjelaskan dunia perguruan tinggi bagi maba
2. Fungsi Komunikatif
Maba diajarkan untuk berkomunikasi dengan civitas akademika FE Unsoed dari mulai UKM/HIMA sampai birokrat
3. Fungsi Normative
Agar maba memahami, menghayati, dan mematuhi aturan-aturan yang berlaku di FE Unsoed
4. Fungsi Akademis
OKFe bias meningkatkan intelektual mahasiswa, bakat minat dan kepemimpinan mahasiswa

Apa Visi Anda sebagai ketua OKFE 2009?
Menjadikan OKFE sebagai wahana yang mencerahkan, menyenangkan, dan mensolidkan civitas akademika FE Unsoed

Maksud dari OKFE yang menyenangkan itu seperti apa sih? Karena seperti yang kita ketahui bahwa OKFE tidak terlepas dari peraturan-peraturan mendisiplinkan?
Jadi yang dimaksud menyenangkan disini adalah Balancing. Balance antara tugas komisi disiplin (komdis) dan pendamping. Pendamping berperan untuk lebih megayomi, memberikan perhatian, dan memberkan pengertian terhadap tugas bahkan tempat curhat dll, serta memberikan bantuan kepada maba. Semua agar maba merasa nyaman.
Sedangkan komdis yang seperi kita ketahui bahwa komdis bersifat disiplin dan tegas dalam memberikan hukuman. Namun hukuman disini harus bisa dipertanggungjawabkan oleh komdis itu sendiri, dalam artian hukuman harus sesuai dengan kesalahan yang telah dilakukan oleh maba.

Karena diadakan pada bulan puasa, ada engga sih konsep yang berbeda dari OKFE tahun sebelumnya, mungkin ada buka puasa atau sahur bareng gitu?
Kemungkinan itu pasti ada.
Kemungkinan yang lain dari saya pribadi adalah masalah waktu pulan. Kalau ditahun sebelumnya OKFE selesai pada pukul 16.00 WIB, bisa jadi pada saat bulan puasa pulang lebih awal. Kemudian juga masalah pengkondisian peserta, kemungkinan akan indoor.

Lalu apa yang ditekankan pada OKFE tahun ini?
Bagaimana mengubah ‘budaya’ SMA yang anak-anak menjadi lebih dewasa. Maka dari itu lebih ditekankan budaya diskusi dan mengencarkan pengenalan UKM, HIMA dan BEM utnuk mengembangkan potensi maba itu sendiri. Karena untuk mengembangkan potensi bukan hanya pada saat kuliah tapi juga bisa didapat pada diluar jam kuliah. Yaitu dengan aktif berorganisasi.

Apa harapan anda untuk OKFe tahun ini?
Ya,,,semoga semua berjalan dengan lancer. Karena tidak dapat dipungkiri kalau OKFE tahun ini adalah sebuah tantangan untuk meningkatkan motivasi atau justru malah kan menurunkan motivasi. Nah ini adalah tugas saya untuk tetap meyakinkan panitia bahwa KITA BISA.

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan tinggalkan tanggapan anda..
Saran & Kritik kami terima dengan tangan terbuka. Terima Kasih..