Akulah Mahasiswa, Akulah Harapan Bangsaku. . .

Author: BEM Fakultas Ekonomi UNSOED /

Oleh : Suharni
Staf Sekretaris Kabinet BM FE Unsoed 2009


Pergantian hari, bulan, tahun dan musim menunjukkan bahwa dalam hidup ini perubahan itu selalu ada. Zaman terus berubah seiring dengan berjalannya waktu, demikian pula dengan tantangan-tantangan dalam kehidupan bangsa ini. Kondisi sosial, politik dan ekonomi suatu bangsa tidak akan selalu sama, akan berubah sesuai dengan berjalannya waktu, demikian juga dengan orang-orang yang sedang berkuasa untuk menjalankan bangsa ini. Oleh karena itu regenerasi diperlukan untuk memimpin bangsa ini di masa mendatang karena di dunia ini tidak ada yang tidak berubah, termasuk bangsa kita.
Lalu, siapakah generasi selanjutnya?
Sudah dapat dipastikan bahwa generasi penerus bangsa ini adalah kita sebagai mahasiswa. Mahasiswa sebagai kaum intelektual yang mempunyai peran sebagai penerus bangsa.
Sejarah telah membuktikan bahwa di tangan generasi muda atau mahasiswa perubahan-perubahan besar terjadi, mahasiswalah yang menjadi barisan terdepan perubahan kondisi bangsa. Seperti saat tumbangnya rezim orde baru pada tahun 1998, mahasiswalah yang berada di barisan terdepan memimpin perubahan tersebut. Mahasiswa diharapkan menjadi manusia-manusia tangguh yang memiliki kemampuan dan akhlak mulia yang nantinya dapat menggantikan generasi-generasi sebelumnya.
Lantas sekarang apa yang dapat kita lakukan dalam menjalankan peran sebagai generasi penerus bangsa? Jawabannya adalah dengan memperkaya diri kita dengan berbagai pengetahuan baik itu dari segi keprofesian maupun kemasyarakatan, dan tak lupa untuk mengambil hikmah dari berbagai kejadian di masa lalu untuk dapat dijadikan pelajaran bagi masa yang akan darang agar hal-hal negatif tidak terulang kembali, serta dapat meningkatkan kualitas hal-hal positif. Mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa sekaligus elemen intelektual dalam masyarakat tidaklah dibatasi pada kewajiban akademis dan lingkungan kampus saja, melainkan juga mempunyai berbagai fungsi lain di masyarakat.
Mahasiswa memang sangat strategis dengan perubahan sosial. Ide-ide mahasiswa sering dianggap sebagai aspirasi masyarakat karena kedekatan mereka dengan masyarakat. Mahasiswa juga dianggap sebagai Problem Solver terhadap masalah-masalah yang dihadapi masyarakat dan juga pembawa perubahan ke arah yang lebih baik. Itulah peran kita sebagai mahasiswa yang merupakan generasi penerus bangsa. Semoga kita tidak hanya dapat mengkritik pemerintah saja tetapi kita sendiri dapat memimpin bangsa ini menuju perubahan ke arah yang lebih baik. Di tangan mahasiswalah kelak perubahan-perubahan besar pada bangsa ini terjadi.
Aku sebagai mahasiswa, maka akulah harapan bangsaku. . .
HIDUP MAHASISWA!!!

0 komentar:

Poskan Komentar

Silakan tinggalkan tanggapan anda..
Saran & Kritik kami terima dengan tangan terbuka. Terima Kasih..