Filosofis Kabinet Berdaulat...

Author: BEM Fakultas Ekonomi UNSOED /

Kami telah mewawancarai Presiden BEM yang baru, Helmy Shoim Pramudyarto yang terpilih sebagai Presiden BEM FE Periode 2008/2009 di Pemilihan Raya Desember 2008 silam. Helmy yang berpasangan dengan Bakhtiar Amran Rifani atau yang biasa disapa Amran ini menamai kabinet mereka Kabinet Berdaulat. Kenapa berdaulat? Adakah perbedaan, perubahan atau inovasi yang dipersembahkan Kabinet Berdaulat ini?
Yuk, kita simak hasil wawancaranya...

Makna BERDAULAT dari Kabinet Berdaulat...
Secara historis kami melihatnya dari kebangkitan nasional yang dijiwai oleh para pemuda. Mereka melihat perjuangan bangsa Indonesia pada waktu itu masih sporadis, masih sendiri-sendiri, belum berjuang bersama dan bersatu. Hal itulah yang menginspirasi bahwa perjuangan untuk meraih kemerdekaan haruslah dengan berdaulat. Bersatu.
Secara filosofis yang medasari adalah bahwa kenyataan dari latar belakang personil-personil yang beragam, berasal dari berbagai jurusan dan angkatan. Dengan keberagaman latar belakang tersebutlah yang menginspirasi kami membentuk Kabinet Berdaulat. Dengan harapan agar setelah mereka masuk ke dalam kepengurusan BEM mereka dapat menyatu tanpa harus terintervensi dengan latar belakang tersebut demi kemajuan bersama juga dengan harapan agar Bem tidak hanya berimain di tingkatan fakultas dan kampus saja, namun di tingkatan daerah dan nasional juga.

Arahan Kerja BEM FE Periode 2008/2009...
Kami tetap akan menjaga fungsi-fungsi yang telah ada serta menjalankan dan melanjutkan apa yang telah dirintis dan dikerjakan oleh pendahulu kami. Namun, kami juga sudah membuat arahan BEM ke depan, yaitu.
Kami akan memassifkan issu-issu mengenai advokasi yang terfokus yang akan dibantu oleh Departemen Advokasi.
Dari segi Keuangan, rencananya kami akan mencari dana-dana tambahan dengan kewirausahaan yang nantinya akan ditanggung jawabi oleh-oleh teman-teman Departemen Keuangan. Divisi kewirausahaan.
Dalam bidang eksternal yang dipegang oleh Departemen Luar Negeri, kami akan mengangkat issu-issu kedaerahan. BEM juga akan membuat dan menawarkan blue print terkait dengan ekonomi di Banyumas yang nantinya akan kami bawa ke DPRD dan Bupati Banyumas. Kami tidak akan membawanya sendirian, namun juga bersama dengan BEM KBM. Sebelum sampai di BEM KBM, rencananya akan kami loka karya-kan terlebih dahulu di tingkatan BEM FE. Selain itu, kami juga akan menjalin dan memperat jaringan serta jalinan dengan BEM SI (Se-Indonesia), SeMa (Senat Mahasiswa), forum mhaaSISWA EKONOMI INDONESIA, dll serta dengan lembaga-lembaga strategis. Loka karya tingkat universitas.
Arahan untuk Departmen Dalam Negeri adalah penambahan fungsi PSDM pada job desk. Penambahan fungsi PSDM pada Depdagri ini bertujuan untuk mengoptimalkan ....... kawan-kawan KMFE.
Apa yang akan kami kerjakan selama satu periode akan kami informasikan dengan memassifkannya melalui media-media yang dipunyai BEM agar kawan-kawan KMFE mengetahui sampai sejauh mana kinerja BEM, tahu apa yang sedang kami kerjakan dan kami perjuangkan. Arahan kerja ini akan ditanggungg jawabi oleh Departemen Riset dan Komunikasi.
Kalau arahan kerja secara umum, kami akan menyelesaikan masalah-masalah yang ada, masalah-maslah yang termasuk masalah klasik seperti permasalahan PR I yang di tahun kemarin meredup, kelas internasional, POM, dll; serta menyelesaikan masalah-maslah insidental, seperti , percepatan waktu wisuda, kami akan mengadvokasi agar waktu pendafataran dapat dilaksanakan lebih awal atau perpanjangan waktu.
Kira-kira seperti itulah arahan kerja BEM ke depan yang juga menggambarkan inovasi langkah BEM periode kali ini.

Fungsi, Peran dan Tugas BEM FE Unsoed...
Fungsi BEM berdasarkan AD/ART secara garis besar adalah fungsi advokasi, budegting dan koordinasi SEMUA elemen KMFE.
Peran dan tugas BEM adalah sebagai penyalur aspirasi dari dan kepada mahasiswa. Namun, kami juga ingin mendobrak paradigma yang menggambarkan bahwa peran BEM hanya sebatas pada menyalurkan aspirasi. Kami juga memiliki peran dan tugas pengabdian masyarakat, memberdayakan mahasiswa FE (PSDM), mengembangkan potensi dan jaringan serta berkontribusi dalam mengembangkan potensi mahasiswa.
(Untuk lebih legnkap dapat dilihat di program kerja BEM FE di masing-masing departemen)

Cara menyosialisasikan fungsi, peran dan tanggung jawab BEM tersebut...
Kami akan melaunching media-media BEM seperti SMS Centre, Friendster, Facebook dll sebagai wahana-wahana untuk menyalurkan aspirasi dan sumber informasi. Melalui media-media tersebutlah kami akan menyosialisasikan. Selain itu, dari Dagri juga akan melaunching salah satu kelas yang nantinya juga dapat membantu kinerja BEM untuk menyosialisasikan berbagai informasi, yaitu Duta Kelas (DuKe).
Kami juga akan melakukan pendekatan kultural dan personal kepada kawan-kawan mahasiswa. Pengurus BEM ‘diwanti’ agar lebih bisa membaur terutama dengan kawan-kawan kelas dan juga angkatannya, agar tidak terkesan bahwa pengurus BEM ekslusif.

Terkait dengan fungsi BEM sebagai penyalur aspirasi, lalu bagaimana cara mahasiswa dapat menyalurkan aspirasinya...
BEM akan melaunching media-media yang dipunyai. Seperti SMS Center, Website, We-blog, Friendster, dan Facebook.
Rencananya, kami akan memuat jaket untuk pengurus BEM yang nantinya akan dipakai minimal 1 kali tiap minggu. Bukan sekadar untuk eksis, tetapi agar pengurus BEM lebih mudah dikenali, terutama oleh kawan-kawan kelas ataupun yang melihatnya agar mereka tahu hendak ‘mengadu’ ke mana dan ke siapa jika ingin menyalurkan aspirasi.

Selama ini kita semua juga sama-sama tahu, bahwa dari sekian ribu mahasiswa FE hanya segelintir yang aktif di kegiatan-kegiatan mahasiswa... Bagaimana cara menggiatkan partisipasi mahasiswa FE akan kegiatan-kegiatan mahasiswa. terutama kegiatan BEM yang merupakan representatif dari pemerintahan mahasiswa?
Untuk hal ini, kami belum mempunyai trik khusus. Karena BEM tidak punya wewenang untuk sampai pada tahap mahasiswa bisa ikut serta aktif, BEM hanya sebatas pada tingkat penyadaran. Aktif atau tidak merupakan pilihan setiap individu. Namun, kami tetap mengusahakannya agar mahasiswa FE bisa berpartisipasi aktif, dan menyosialisasikannya dengan massif dan provokatif.

1 komentar:

Yetty mengatakan...

Smangat BEM FE UNSOED.....!!!!
Keep survive...!

Posting Komentar

Silakan tinggalkan tanggapan anda..
Saran & Kritik kami terima dengan tangan terbuka. Terima Kasih..